Senin, 31 Maret 2008

MAHASISWA MAKASSAR MENUNTUT NASIONALISASI PT INCO

Metrotvnews.com, Makassar: Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi, Senin (10/3) hari ini, berdemontrasi di depan kantor PT Inco di Makassar. Sempat terjadi ketegangan antara mahasiswa dengan aparat saat mahasiswa memaksa masuk ke ke kantor perwakilan perusahaan nikel tersebut. Inco adalah perusahaan penanaman modal asing.

Sejumlah pengunjuk rasa hendak memasang poster di PT Inco. Mereka meminta izin kepada petugas untuk keamanan agar diperbolehkan masuk ke kantor tersebut. Karena dilarang, pengunjuk rasa mendorong pintu pagar. Karena pintu pagar terlalu kuat, mahasiswa mengurungkan niatnya.

Dalam pernyataan sikapnya, mereka meminta pemerintah bersikap berani untuk segera menasionalisasi perusahaan asing tersebut. Atau setidaknya meninjau ulang kontrak karya dengan perusahaan pertambangan asing yang beroperasi di Soroako, Luwuk Timur, tersebut. Menurut pengunjuk rasa, kontrak ulang seharusnya mengutamakan pembagian hasil yang menguntungkan Sulawesi Selatan. Dengan demikian, pemerintah Sulawesi Selatan bisa melakukan pembangunan, terutama untuk pembangunan pendidikan.(DOR)

Tidak ada komentar: